Rabu, 23 Februari 2011

Tips dalam melamar pekerjaan





Dengan memperhatikan surat lamaran kerja dan resume / CV:
  1. Hal mendasar yang sangat penting diperhatikan adalah sebisa mungkin untuk melamar jenis pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang kita mampu jangan malah sebaliknya.
  2. Sebagaimana kita ketahui, di toko buku atau di internet kita dapat menemukan format tulisan lamaran yang benar dan menarik. Memang tidak ada salahnya kita mengikutinya, namun usahakan jangan meniru 100 persen persis gaya penulisannya sehingga membuat gaya penulisan resume dan surat lamaran yang dibuat terlihat starandar kebanyakan orang buat. Usahakan masukkan gaya tulisan kita secara original dengan tetap mengikuti kaedah bagaimana menulis surat lamaran dan resume dengan benar. Dan jangan lupa untuk menulis surat lamaran kerja dimana sebaiknya sangat disarankan tidak lebih dari satu halaman, dimana biasanya diikuti dengan CV atau resume dari diri kita.
  3. Selain menulis surat lamaran yang baik, jangan juga lupa untuk menulis resume dengan benar. Resume sangat penting sebagai gambaran awal pihak HRD tentang diri kita diatas kertas. Resume yang baik sebaiknya ditulis dengan sederhana, jujur, kreatif, akurat, mudah dimengerti ketika dibaca, dan tentu saja dapat menarik perhatian bagi yang membaca.
  4. Setelah selesai jangan lupa untuk membaca dan mereview kembali surat lamaran pekerjaan dan resume secara keseluruhan sebelum dikirim ke tempat kantor perusahaan yang kita incar. Pastikan semua sempurna, sortir kembali kata-kata yang tidak dibutuhkan, format tulisan (jika diketik dengan komputer) sebaiknya menggunakan format standar seperti times new roman, layout apakah sudah benar atau tidak, ejaan yang tepat dan terkesan profesional, dan lain-lain.
  5. Setelah itu kirimkan dech, dapat menggunakan fasilitas email atau manual lewat POS biasanya. Hal ini tentunya sangat bergantung dari kebijakan yang telah ditentukan dari perusahaan yang menyediakan lowongan kerja tersebut.

1 komentar: